Tahun 2045 M. Penyerang tak dikenal menyergap Macross 7 selama misi kolonisasi luar angkasanya. Roker Basara ikut bertempur dengan Valkyrie merahnya, bertarung menggunakan lagu, bukan kekuatan. Musuh mengincar energi kehidupan manusia, Spiritia, dan nyanyian Basara bisa jadi kunci untuk menghentikan perang.
Tahun 2045. Armada kolonisasi Macross 7 membawa satu juta orang dalam misi ke angkasa luar. Saat band rock Fire Bomber—dengan vokalis Basara dan Mylene, putri Kapten Max dan Walikota Milia—tampil di kapal utama City 7, musuh tak dikenal menyerang. Pasukan elite Militer PBB kewalahan, tetapi Basara, sang vokalis utama, ikut bertempur dengan Valkyrie merahnya. Alih-alih menembak, ia justru menyerang dengan nyanyiannya yang penuh semangat, membuat bingung kawan dan lawan. Militer pun tahu musuh mengincar Spiritia, energi kehidupan manusia, dan menyadari bahwa kunci kemenangan ada pada kekuatan nyanyian Basara.
Tahun 2045. Macross 7 diserang! Penyanyi rock Basara Nekki ikut bertempur dengan suaranya.
Basara melanggar prinsipnya untuk tidak berkelahi saat Mylene diganggu oleh musisi agresif.
Bertekad membuat lagu berikutnya jadi hit, Mylene bertemu penyanyi terkenal yang kurang bersemangat.
City 7 gelar Karnaval Battroid untuk membentuk pasukan pertahanan dari rekrutan dan Battroid baru.
Sivil kembali menemui Basara untuk tahu kenapa nyanyiannya punya efek aneh padanya.
Sivil mengincar salah satu penggemar Fire Bomber. Di studio, band itu melihat Akiko bertingkah aneh.