Jurnal Risa
Awalnya, Risa menyangka liburan bersama sepupunya hanya liburan biasa. Namun, Risa bertemu dan berteman dengan Dewi yang memiliki kemampuan indigo seperti dirinya. Hal aneh terjadi saat Dewi dirasuki arwah jahat bernama Annelies, memaksa Risa bergegas untuk menyelamatkan sahabatnya dari kematian.
Cerita dimulai saat Risa kecil menghabiskan waktu libur di rumah Kakek. Di sana, Risa dan sepupunya, Angga, Nicko, Kakang, dan Indy, menemukan rumah tua kosong. Rumah tersebut akan dihuni oleh keluarga Dewi, anak setempat yang juga punya kakak bernama Agus, dan sahabatnya, Kulon. Keanehan terjadi saat Risa dan lainnya mengalami gangguan mistis. Gangguan itu muncul dari rumah tua Dewi. Ternyata, Dewi menyadari hal ini juga. Dia dan Risa punya kemampuan indra keenam yang sama, dapat merasakan kehadiran makhluk halus. Misteri terungkap saat mereka membongkar cerita masa lalu rumah tua tersebut. Rupanya rumah itu adalah saksi bisu sebuah keluarga Belanda dibantai saat penjajahan. Kini, anak bungsu keluarga itu, Annelies, menghantui rumahnya, mengincar mereka yang dia ingin jadikan teman abadi.
Risa berlibur di rumah kakek bersama sepupunya. Upaya mengembalikan kujang berujung berbahaya.
Om Aji membeli rumah itu dan ingin merenovasinya. Namun, dia menemukan pintu misterius.
Agus mulai terpisah dan Dewi menunjukkan perilaku aneh. Risa dan teman-teman berniat menyelidikinya.
Orang tua Dewi menyalahkan Risa atas kondisi Dewi. Risa terus mencari tahu penyebab keadaan Dewi.
Dewi kembali! Namun, dia seperti dirasuki sosok gaib. Tanpa Bapak, penyelidikan Risa lebih berat.
Dewi sepenuhnya dirasuki arwah paling jahat. Risa tak bisa apa-apa. Sesosok roh baik ingin membantu.
Risa berhasil membebaskan Dewi dari Annelies. Namun, itu membawa kekacauan di desa.